Soal PAS Kelas 6 Tema 1 (Soal Penilaian Akhir Semester)

Soal PAS Kelas 6 Tema 1 (Soal Penilaian Akhir Semester)

Soal Penialaian Akhir Semester (PAS) kelas 6 tema 1 semester 1 Kurikulum 2013.

L E M B A R   S O A L

Tema 1                       : Selamatkan Makhluk Hidup

Kelas                        : VI (Enam)

Semester                   : I (satu)

Petunjuk Umum :

  1. Tulislah identitas dan nama muatan/mata pelajaran pada lembar jawaban yang telah disediakan!
  2. Tuliskan semua jawaban di lembar jawaban!
  3. Bacalah setiap butir soal dengan baik sebelum dijawab!
  4. Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!
  5. Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!
  6. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!

1. Ayu seorang siswi kelas 6 di SD Sekar Jempiring. Setiap hari sebelum ke sekolah Ayu selalu sembahyang di Pura Merajan yang dimilikinya. Bahkan setiap mengawali aktivitasnya Ia selalu berdoa. Ayu tergolong anak yang cerdas di sekolahnya. Ia selalu memperoleh prestasi yang baik.
Berdasarkan cerita tersebut, Ayu telah menerapkan nilai Pancasila khususnya sila ….
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. kelima

2. Berikut ini merupakan bentuk pengamalan nilai-nilai sila kedua Pancasila adalah ….
A. merawat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di pekarangan rumah
B. membantu korban dampak erupsi Gunung Agung
C. menjaga kerapian dan kebersihan taman kota
D. menjaga kerukunan antar pemeluk agama

3. Perhatikan gambar berikut ini!

Sila Pancasila yang menunjukkan penerapan nilai-nilai Pancasila sesuai gambar tersebut adalah ….
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

4. Putu Raditya seorang anak Pengusaha di Kota Denpasar. Ayahnya sebagai Kontraktor dan ibunya pemilik rumah makan mewah di Kabupaten Badung. Pada masa pandemi Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19), Ia sudah menyumbang masker 1.000 kotak masker. Tidaknya hanya itu, Ia juga menyumbang 1 ton beras kepada warga yang terdampak Covid-19. Perilaku yang dilakukan Putu Raditya merupakan wujud pengamalan nilai Pancasila sila ….
A. keempat
B. ketiga
C. kedua
D. pertama
5. Perhatikan gambar berikut ini!

Bunyi sila Pancasila sesuai lambang tersebut adalah ….
A. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
B. Persatuan Indonesia
C. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
D. Ketuhanan Yang Maha Esa

6. Nilai Persatuan dan Kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat dapat diwujudkan melalui ….
A. gemar melakukan kegiatan sosial karena akan mencalonkan diri menjadi kepala desa
B. bergotong royong membersihkan lingkungan setiap hari minggu
C. mensyukuri anugerah Tuhan berupa kekayaan alam Indonesia
D. menghargai pendapat orang lain saat melakukan musyawarah

7. Ni Putu Suari seorang siswi kelas 6 di SD Mutiara. Pada pemilihan pengurus kelas, Ia terpilih menjadi ketua kelas secara aklamasi. Ia adalah seorang anak yang cerdas dan mudah bergaul. Setiap usul dan saran dari teman-temannya, Ia selalu mempertimbangkannya dengan matang. Setiap melakukan kegiatan kelas, Putu Suari selalu melakukan musyawarah dengan teman-temannya. Perilaku yang dilakukan Ni Putu Suari merupakan wujud pengamalan nilai Pancasila sila ke- ….
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

8. Contoh perilaku siswa yang mencerminkan pengamalan nilai sila keempat Pancasila adalah ….
A. bekerja sama saat ujian sekolah supaya bisa lulus semua
B. memotong pembicaraan guru saat menjelaskan materi
C. diskusi kelompok mengerjakan tugas laporan pengamatan
D. merasa bangga karena diterima di sekolah unggulan.

9. Untuk menangani masalah penyebaran Corona Virus Disease 2019, pemerintah melakukan musyawarah dengan jajarannya untuk mengambil keputusan. Manfaat dilakukan musyawarah adalah ….
A. supaya dapat mengeluarkan biaya untuk kepentingan rapat
B. keputusan yang diambil untuk kepentingan pemerintah
C. untuk melaksanakan kewajiban sebagai pemerintah
D. masalah dapat segera terselesaikan
10. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. menghormati hak-hak orang lain
2. mengakui kebebasan beragama
3. menghargai hasil karya orang lain
4. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
5. menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
Pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai sila kelima Pancasila adalah ….
A. 1, 3, dan 4
B. 1, 2, dan 3
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 3, dan 5

Mupel Bahasa Indonesia KD. 3.1
11. Teks yang memuat tentang informasi yang berdasarkan fakta-fakta hasil pengamatan yang sudah dilakukan disebut ….
A. teks laporan hasil pengamatan
B. teks laporan ilmiah
C. teks faktual
D. cerita fiksi

12. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. informasi khusus
2. informasi umum
3. kumpulan fakta-fakta
4. synopsis
5. simpulan
Yang termasuk struktur isi laporan hasil pengamatan sesuai pernyataan tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 5
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 5

13. Salah satu langkah yang dilakukan untuk menemukan informasi penting pada sebuah teks adalah ….
A. membuat sinopsis suatu bacaan
B. membaca teks dengan suara nyaring
C. mengembangkan ide pokok setiap paragraph
D. menemukan kalimat utama/ide pokok dalam setiap paragraf

14. Inti dari suatu paragraf dan menjadi pusat pembahasan dalam sebuah teks atau paragraf dinamakan ….
A. ide pokok
B. ringkasan
C. ikhtisar
D. ide penjelas
Perhatikan paragraf berikut ini, untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.
Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

15. Ide pokok yang terdapat dalam paragraf pertama adalah ….
A. tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari
B. manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari
C. tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian
D. manusia dan hewan memerlukan makanan dari tumbuhan

16. Informasi penting yang terdapat dalam paragraf kedua adalah ….
A. vitamin diperlukan untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari kegemukan
B. manusia membutuhkan jenis makanan tanpa mengandung vitamin
C. manusia membutuhkan makanan yang mengandung vitamin
D. ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat

17. Untuk menemukan informasi penting dalam sebuah paragraf atau teks dapat dilakukan dengan cara ….
A. membaca judul teks
B. membaca bagian akhir teks
C. membaca dengan suara nyaring
D. membaca secara keseluruhan teks

18. Cara menyajikan suatu informasi dalam bentuk kata kunci dan diagram disebut ….
A. peta pikiran
B. ringkasan
C. laporan pengamatan
D. laporan penelitian

19. Suatu kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi keseluruhan isi paragraf dinamakan ….
A. sinopsis
B. ringkasan
C. simpulan
D. kata kunci

20. Bacalah paragraf berikut!
Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.
Simpulan dari paragraf tersebut adalah …
A. Jumlah Harimau Sumatra berkisar 400 ekor,karena perburuan liar.
B. Harimau Sumatera hampir punah karena hidup di hutan hujan pegunungan.
C. Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, karena hidupnya di dataran rendah.
D. Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan.

 

 

Leave a Comment