RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDN 6 SAKTI
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : KeberagamanBudayaBangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaranke : 1
Alokasiwaktu : 1 Hari
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Matematika
3.5 Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2 Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.
INDIKATOR
Matematika
Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.
Bahasa Indonesia
Menemukan kosakata baku untuk mengganti kosakata tak baku dalam teks cerita.
TUJUAN
Setelah mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
makna bersatu dalam keberagaman dengan rinci.
Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman bermain dengan teman yang
berbeda-beda dengan bahasa yang runtut.
Setelah bereksplorasi dengan gambar, siswa mampu membedakan antarbangun segibanyak
berdasarkan ciri-cirinya dengan benar.
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu membedakan pengubinan
dan bukan pengubinan dengan benar.
Setelah mengamati contoh, siswa mampu merancang pengubinan dengan teknik yang benar.
Setelah membaca teks, diskusi, dan simulasi, siswa mampu mempraktikkan permainan
tradisional engklek dengan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, dan lompat dengan teknik dan aturan yang benar.
MATERI
Pensil warna/krayon.
Teks bacaan tentang makna Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menyampaikan bahwa meskipun kita berasal dari suku dan budaya yang berbeda, namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk bermain, bekerja sama, dan belajar.
Pengalaman Bermain.
Bentuk Geometri.
Pengubinan.
Permainan Engklek.
Model engklek Kreasi Siswa.
Informasi tentang Fahombo Batu.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | Alokasi
Waktu |
Pendahuluan | Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit |
Inti | Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks pada buku siswa dan menjawab pertanyaan.
Ketika siswa menjawab pertanyaan, guru berkeliling untuk memberikan motivasi, membantu siswa yang membutuhkan, atau memberikan pertanyaan tambahan untuk menggali pemahaman siswa lebih jauh, yaitu dengan menanyakan pertanyaan berkesinambungan dari pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. Siswa diberi kesempatan untuk berbagi jawaban secara berpasangan. Guru memberi penguatan tentang makna Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menyampaikan bahwa meskipun kita berasal dari suku dan budaya yang berbeda, namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk bermain, bekerja sama, dan belajar. Pengalaman Bermain Siswa menceritakan pengalaman mereka ketika bermain bersama teman dan menuliskannya pada buku siswa. Guru memberi penekanan tentang cara bersikap ketika berinteraksi dan bermain dengan orang yang berbeda-beda. Kemudian guru membahas beberapa tulisan siswa yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi. Bentuk Geometri Siswa mengamati bentuk geometri yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas pada buku siswa. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 siswa. Disarankan setiap kelompok berisikan siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Guru melakukan observasi dan mencatat hasilnya di lembar pengamatan. Setiap kelompok dibagikan satu set bentuk (terdiri atas 10 bentuk yang sama): persegi, segitiga sama sisi, segi lima, segi enam dan memberi kesempatan kepada mereka untuk membuat bentuk baru. Secara klasikal, guru membahas bentuk-bentuk yang dihasilkan kelompok dan bertanya bentuk mana yang saling menumpuk, memiliki celah atau sebaliknya. Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dan menebak nama bentuk baru yang dihasilkan.
|
150 menit |
Penutup | Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini. Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami, sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka. Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.Tugas: Bersama orang tua, siswa diminta untuk menggambar pengubinan yang ditemukan dirumah atau sekitarnya. Produk siswa harus dikumpulkan untuk dipajang.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup. Pengayaan Siswa membuat pengubinan dengan menggunakan bentuk geometri yang berbeda di kertas berpetak (1 cm). Remedial Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahamipengubinan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau secara individu. Guru menyiapkan bentuk-bentuk geometri dari kertas dan menyiapkan kertas berpetak untuk latihan. |
15 menit |
SUMBER DAN MEDIA
Video/slide/gambartentangKeberagamanBudayaBangsaIndonesia.
PENILAIAN
ProsedurPenilaian
Menggunakan format pengamatandilakukandalamkegiatanpembelajaransejakdarikegiatanawalsampaidengankegiatanakhir.
2. PenilaianHasilBelajar
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir).
InstrumenPenilaian
Mengetahui: Sebunibus,
Kepala SDN 6 Sakti Guru Kelas IV,
………………………………… I Wayan Darmaya, S.Pd.