RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDN 6 Sakti
Kelas / Semester : 4 /1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaranke : 2
Alokasiwaktu : 1 Hari ( 5 x 35 memit)
KOMPETENSI INTI (KI)
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.4 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan gerakannya.
4.1 Memperagakan makna gerak ke dalam bentuk tari bertema dengan mengacu pada gaya tari.
Indikator
Maematika
Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
3.7 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
Indikator
TUJUAN PEMBELAJARAN
MATERI PEMBELAJARAN
Rumah Adat, Jenis-jenis sudut, mengukur sudut, Tari Kipas
PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi
Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru membuka pelajarab dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. 3. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti. 4. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami. |
10 menit |
Kegiatan Inti
|
1. Siswa membaca teks tentang rumah adat dan mengamati bentuknya.
2. Siswa mencari persamaan dan perbedaan dari dua rumah adat yang disediakan. 3. Siswa menemukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku. 4. Siswa menunjukkan jawabannya dengan cara melingkari sudut yang dimaksud dan memberinya nama. 5. Siswa saling mengonfirmasi jawaban dengan pasangannya. 6. Guru memberikan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa. 7. Untuk melatih daya analisis dan kemampuan bernalar, guru memberikan pertanyaan tambahan: · Mengapa bentuk atap sebuah rumah memiliki besar sudut yang berbeda? · Apa pengaruhnya?
8. Siswa memperhatikan benda, misalnya buku, meja,dan papan tulis yang ditunjukkan guru. 9. Siswa menerka jenis sudut pada benda itu. 10. Siswa memperhatikan guru menunjukkan cara menghitung besar sudt di depan kelas. 11. Siswa mencari 5 benda yang ada di sekitar mereka dan mengisi tabel (buku siswa hal. ) 12. Siswa menerka jenis dan besar sudut benda yang dipilih. 13. Siswa membuktikan jenis sudut pada setiap benda dengan cara mengukur besar setiap benda. 14. Bersama teman kelompoknya, siswa menemukan gerakan-gerakan beserta jenis-jenis sudut yang dihasilkan. |
150 menit |
Penutup | 1. Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini dan menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
2. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa. 3. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Salam dan do’a penutup. Pengayaan · Siswa mencari sudut siku-siku disekitarnya dan membuktikan dengan cara yang berbeda. Remedial · Bagi siswa yang belum memiliki keterampilan menggunakan busur, guru dapat melatih mereka di luar jam pelajaran. · Siswa mengukur besar sudut dari soal-soal yang disiapkan oleh guru. |
15 menit |
PENILAIAN
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen Penilain
No. | Nama Siswa | Perubahan Tingkah Laku | ||||||||
Cermat | Teliti | Tanggung Jwab | ||||||||
BT | T | M | BT | T | M | BT | T | M | ||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||
1. | ||||||||||
2. | ||||||||||
3. | ||||||||||
Keterangan:
BT : Belum Terlihat T : Terlihat M : Menonjol Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai. |
Daftar periksa untuk peta pikiran (Bahasa Indonesia)
No | Kriteria | Keterangan | |
Sudah | Belum | ||
1. | Peta pikiran memuat rumah adat | ||
2 | Peta pikiran memuat bahasa | ||
3 | Peta pikiran memuat makanan tradisional | ||
4 | Peta pikiran memuat tarian tradisional |
Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman (IPS PPKn)
No | Kriteria | Keterangan | |
Sudah | Belum | ||
1. | Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman | ||
2 | Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman |
Daftar periksa untuk bernyanyi (SBdP)
No | Kriteria | Keterangan | |
Sudah | Belum | ||
1. | Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar | ||
2 | Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada |
Kriteria | Keterampilan | ||
Bagus | Cukup | Berlatih Lagi | |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan
teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman
yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Komunikasi
nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespons dan
menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat |
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, Merespons sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara
selama proses diskusi berlangsung. |
Keruntutan
berbicara |
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir. |
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten. |
Masih perlu berlatih
untuk berbicara secara runtut. |
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
|
Mengetahui: Sebunibus,
Kepala SDN 6 Sakti Guru Kelas IV,
…………………………….. I Wayan Darmaya, S.Pd.