Cara Memindahkan WordPress ke Domain dan Hosting Sendiri

Hallo sobat YDL, pada kesempatan ini Yandar.id akan share bagaimana cara Memindahkan WordPress ke Domain dn Hosting sendiri yang sudah kita beli di provider. Ohya, mungkin teman-teman blog yang sudah follow yandaryd.wordpress.com kaget jika di arah ke yandar.id. Blog ini sudah saya migrasi dari wordpres ke hosting yandar.id pada tanggal 22 juli 2020.

Cara Memindahkan Blog WordPress.com ke Domain Sendiri

Langkah 1 Beli Domain dan Hosting

Pertama yang sobat lakukan untuk pindah hosting dari WordPress.com ke hosting sendiri adalah membeli layanan hostin dan domain baru. Jika sobat belum punya, bisa beli di Jagoanhosting. Seperti domain yandar.id saya registrasi di Rumahweb meskipun sedikit ada kekecewaan disana. Sedangkan layanan hostingnya saya beli di Beon Jagoanhosting. Nah karena tempat domain dan hostingnya berbeda, maka sya harus merubah Nameserver di tempat domain. Rubah nameservernya dengan NS yang dimiliki oleh penyedia hosting. Tapi kalau domain dan hosting berada di satu tempat provider, sobat tidak perlu merubah DNS.

Langkah 2 Instal WordPress di Cpanel

Setelah memiliki domain dan hosting, langkah selanjutny adalah Instal WordPress melalui Cpnel. Silahkan login ke cpanel. Untuk login ke cpnel biasanya ada dua cara.

Cara 1: Login dahulu di member area penyedia hosting. Kemudian pilihlayanan dan klik layanan domain dan hosting. Selanjutnya login ke cpanel.

Cara 2. login melalui link cpanel bisanya namadomainanda.com/cpnel. Masukkan user dan password cpanel.

Kalau sudah masuk ke Cpanel baru bisa Instal Wordpres. Biasa berada paling bawah, cari softacolus dan logonya wordpress. Klik wordpress tersebut dan instal. Kemudian isi data blog yang diperlukan seperti Tittle, deskipsi, user dan password.

Langkah 3: Atur Settingan WordPress

Silahkan atur settingan dan tampilan wordpres. Settings >> Permalinks>>Day and name. Settingan ini saya terapkan agar setelah conten dipindahkan, permaliknya sama seperti blog wordpress.com. Kemudian untuk tampilan widget silahkan sesuaikan dengan yang diinginkan.  Sobat bisa menggunakan Theme wordpress premium yang tersedia di https://themeforest.net/. Namun bisa juga memakai theme gratis yang sudah disediakan. Tinggal klik Appearance >> Themes >> Add new >> Pilih theme >> Instal >>Activate. Kalau theme gratis sudah terinstal tinggal atuh tampilannya.

Langkah 4 Export dan Import Content

Sekarang saatnya kita memindah semua konten yang ada di wordpress.com ke hosting baru yang dimiliki.

1. Export Content

Silahkan login ke dashboard WordPress.com kemudian pilih Tools > Export kemudian pada Export content pilih Export All  dan klik Download. Untuk login ke dashbord, saya biasanya pakai link blog seperti ini yandarydl.wordpress.com/wp-admin kemudian masukkan user dan password. Kalau sobat punya cara lain silahkan pakai caranya.

 

2. Import Content

Jika konten sudah berhasil di download, langkah selanjutnya import content tersebut ke hosting baru. Ohya, extract file nya terlebih dahulu sebelum di import.

Cara import contentnya masuk dahulu ke hosting baru atau admin websitenya. Pilih Tools > Import

Kemudian pada option WordPress klik Instal Now dan Run Importer > Choose file > Upload file and import.

Pastikan file ber extensi xml. Tunggu sampai proses selesai.

 

Langkah 4: Redirect Blog WordPress.com ke Domain Sendiri

Jika sudah berhasil melakukan langkah satu sampai tiga, langkah terakhir adalah Redirect Blog WordPress.com ke Domain Sendiri. Redirect WordPress.com memerlukan biaya sebesar $13 pertahun. Panduan lengkap ada di web support redirect wordpress. Atau bisa langsung masuk ke getting started.

 

Kesimpulan

Singkat cerita panduan pindah blog wordpress.com ke hosting sobat perlu domain dan hosting. Selanjutnya instal wordpres dari cpanel. Setelah berhasil terinstal, sobat perlu export conten blog di wordpress.com dan import ke hosting baru. Dan terakhir lakukan redirect blog ke blog baru. Demikianlah panduan dan proses yang saya lalui. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.

 

 

Leave a Comment